Inilah 5 Fungsi Penting Manajemen Konstruksi

Terpukau melihat sebuah bangunan bisa berdiri dan bermanfaat oleh banyak orang? Tentu sebelum itu bisa dinikmati, proses yang dilalui tidaklah mudah. Ada banyak pihak yang terlibat mulai dari perencanaan sampai pembangunan dan finishing. Namun jika disuruh memilih, satu bagian yang punya peran cukup penting adalah manajemen konstruksi. Memang, apa sih manajemen konstruksi itu?

Secara sederhana, manajemen konstruksi adalah sebuah ilmu yang mencakup sekaligus menerapkan aspek-aspek manajerial dalam sebuah industri konstruksi. Tak heran kalau pihak yang terlibat dalam keperluan ini biasanya konsultan konstruksi yang mempunyai kemampuan. Di mana lewat keberadaannya, si konsultan berkewajiban memberikan bantuan sekaligus nasihat supaya proyek konstruksi lancar.

Sebuah konstruksi yang tidak melibatkan manajemen proyek jelas akan sulit untuk melakukan prosesnya secara efektif dan efisien. Kalau sudah begini jelas bakal memberikan dampak buruk untuk hasil proyek itu sendiri. Nah, bagi Anda yang kini sedang terlibat dalam pembangunan produk konstruksi, ada baiknya mempelajari beberapa fungsi penting manajemen konstruksi berikut ini:

  1. Perencanaan (Planning)

Bisa dibilang ini merupakan fungsi utama dari manajemen proyek alias konstruksi. Ya, mereka memang harus bisa melakukan perencanaan yang tepat mulai dari apa dan bagaimana yang harus dikerjakan. Proses pengambilan-pengambilan keputusan ini tentu terkait betul dengan material proyek, biaya yang sudah dibebankan sampai perencanaan proses pembangunan. Di mana semuanya membutuhkan perhitungan yang tepat.

  1. Penempatan Orang (Staffing)

Sesuai dengan namanya, fungsi ini membuat jajaran manajemen memiliki hak untuk menempatkan orang yang tepat sesuai kemampuannya. Seperti yang Anda tahu, dalam sebuah konstruksi tentu melibatkan orang dalam jumlah besar. Banyaknya pihak yang terlibat haruslah diatur sesuai dengan kebutuhan supaya tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan yang akhirnya malah berujung pada proyek yang tak efektif.

  1. Pengontrolan (Controlling)

Lantaran tanggung jawab yang cukup besar dan berisiko itulah, para konsultan konstruksi yang sudah pasti duduk di bagian manajemen ini berperan dalam melakukan pengontrolan dalam proyek. Ya, demi kegiatan berjalan sesuai rencana mereka berhak untuk mengontrol tugas seluruh pihak yang terlibat.

Karena bagaimanapun dengan kontrol yang tepat, proses pembangunan sebuah konstruksi bisa berjalan lancar. Dengan proses yang lancar, sesuai dengan desain dan efisiensi budget, bangunan bakal berdiri kokoh sesuai dengan keinginan pembeli. Sebaliknya jika tak ada pihak yang berperan sebagai pengontrol, proyek jelas bakal berlarut dan akhirnya terbengkalai sia-sia.

  1. Pengorganisasian (Organizing)

Tak cuma sekadar merencanakan, pihak manajemen dalam sebuah konstruksi harus juga bisa mengatur jenis-jenis kegiatan yang dibutuhan dan lebih baik tak dilakukan. Jika seluruh kegiatan itu sudah terorganisir dengan baik, maka akan mudah ditangani oleh pihak-pihak terkait.

  1. Pengarahan (Directing)

Melalui fungsi terakhir, manajemen dalam proyek pembangunan berhak untuk melakukan pengarahan alias supervisi. Maksud dari fungsi ini adalah mereka mampu memberikan pembinaan terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam proyek. Termasuk di dalamnya adalah pemberian motivasi, peningkatan soft skill hingga berbagai bimbingan karyawan yang nantinya terkait dengan kinerja dan proses penyelesaian proyek.Melihat lingkup tanggung jawabnya, tak heran kalau manajemen konstruksi juga terlibat dalam pemilihan material yang berkualitas. Berangkat dari hal itulah, PT. Mosa Indopalma paham betul bahwa material terbaik akan menghasilkan konstruksi berkualitas. Sebagai produsen agregat konstruksi seperti batu split, batu lapis baja,, pasir, kerikil/sirtu hingga material produksi beton lainnya, Mosa siap membantu kebutuhan konstruksi Anda.

Bagikan Artikel
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Rekomendasi Artikel

Artikel terkait dengan artikel Inilah 5 Fungsi Penting Manajemen Konstruksi