Ini 7 Kelebihan Pondasi Batu Kali untuk Sebuah Bangunan

Mempunyai rumah yang kokoh dan berdiri tegak serta bangunan awet, tentu impian setiap orang. Kunci untuk mewujudkannya jelas pada bagian pondasi. Nah, dari berbagai jenis pondasi yang sering digunakan oleh orang Indonesia, pondasi batu kali sering disarankan berkat berbagai keunggulannya baik dari fungsi, tampilan dan juga biaya produksi.

Sesuai dengan namanya, pondasi batu kali jelas tersusun dari batu-batuan kali alias batuan sungai. Anda tentu tahu bahwa batuan sungai memiliki bentuk yang cukup besar dan relatif kuat, sehingga sangat cocok sebagai material pondasi yang berfungsi menopan struktur bangunan. Namun batu sungai ini tentu tak sendiri, karena biasanya turut pula dicampur dengan semen, pasir, kerikil serta material lainnya.

Supaya Anda lebih yakin menggunakan pondasi batu kali, berikut ini akan kami bahas beberapa keunggulannya:

  1. Bangunan Kuat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keunggulan utama pondasi bangunan dari batuan sungai adalah kokoh dan kuat. Bahkan dari generasi ke generasi, masyarakat Indonesia memang menggunakan batu sungai untuk pondasi rumah yang terbukti hunian mereka tahan selama puluhan tahun lamanya. Bahkan jika dibandingkan dengan rumah modern, bangunan dengan pondasi batu sungai sangat awet.

  1. Mudah Disesuaikan

Dalam membangun rumah, pondasi untuk bagian garasi, ruang keluarga, gudang hingga kamar mandi ada kalanya berbeda, Namun jika Anda menggunakan material batu sungai, kebutuhan yang berbeda ini jelas tak akan bermasalah karena memang batu sungai sangat mudah disesuaikan, serta tentunya masih memberikan daya topang beban yang maksimal.

  1. Minim Bocor

Pernah mengetahui rumah yang bagian dindingnya terkena rembesan air hujan atau mungkin air tanah lainnya? Kondisi ini jelas tidak baik karena bisa memicu jamur dan membuat lingkungan tidak sehat. Namun jika Anda menggunakan pondasi batu kali, hal ini bisa dicegah lantaran rumah dengan pondasi batu-batuan sungai mampu meminimalisir risiko kebocoran entah air banjir sampai gas.

  1. Biaya Murah

Bisa dibilang ini adalah keunggulan yang paling menonjol dari pondasi dengan batuan sungai. Yap, biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan struktur dengan material batu sungai memang lebih murah karena Anda tak butuh banyak bahan campuran lainnya.

  1. Tahan Goncangan

Sebagai negara yang rentan dengan gempa bumi, membangun rumah yang tahan goncangan adalah keharusan. Nah, batuan sungai ini bisa jadi pertimbangan pondasi karena struktur mereka yang rapat dan kokoh, membuat bangunan di atasnya tak mudah roboh lantaran goncangan tanah.

  1. Desain Sederhana

Tak ingin ribet dalam desain bangunan rumah dan ingin dikerjakan langsung tanpa perencanaan merepotkan? Maka pondasi dengan batuan sungai sangatlah cocok. Bahkan Anda bisa langsung meminta seperti apa desain struktur bangunan kepada para pekerja secara langsung karena material ini dapat disesuaikan, dan tak butuh yang namanya alat-alat berat.

  1. Proses Lebih Efektif

Dan inilah keunggulan terakhir dari material batu sungai terhadap pondasi bangunan yakni proses pengerjaan jauh lebih efektif. Batu sungai sangatlah mudah dibentuk dan disesuaikan dengan rancangan bangunan, sehingga pengerjaan cepat selesai dan tentunya terbukti efisien.Seperti yang sudah disebutkan, demi membuat pondasi batu kali yang kokoh diperlukan material tambahan. Lebih meyakinkan lagi kalau Anda menggunakan yang berkualitas seperti batu split produksi PT. Mosa Indo Palma. Sebagai produsen agregat konstruksi, batu split adalah batuan besar yang dipecah demi campuran struktur yang makin kuat, awet dan tentunya mampu menopang kebutuhan bangunan.

Bagikan Artikel
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Rekomendasi Artikel

Artikel terkait dengan artikel Ini 7 Kelebihan Pondasi Batu Kali untuk Sebuah Bangunan