Catat! Ini Bagian – Bagian Penting dalam Konstruksi Bangunan Rumah

Hampir semua orang tentu berharap bisa tinggal di hunian pribadi yang diperoleh dari jerih payah sendiri. Termasuk melihat bagaimana proses pembangunan hunian mulai dari konstruksi bangunan hingga menjadi rumah yang siap tinggal. Lantas, apa saja bagian penting dalam sebuah konstruksi bangunan?

Konstruksi bangunan adalah bagian paling mendasar dari rangka sebuah hunian alias rumah. Di mana bagian paling dasar dan sangat penting ini bakal memberikan pengaruh terhadap daya tahan sekaligus tampilan eksterior dari hunian pribadi Anda. Tentu Anda ingin punya rumah yang awet dan nyaman dipandang, bukan? Untuk itulah ada baiknya memahami hal-hal terpenting dalam sebuah konstruksi rumah hunian berikut ini:

  1. Balok Sloof

Bagian pertama adalah balok sloof. Kalau Anda melihat konstruksi pondasi pada sebuah rumah, biasanya akan ada balok sloof yang berbentuk mendatar di bagian alas tiang atas. Jika pondasi menjadi dasar, maka balok sloof berfungsi menghubungkan setiap bagian bawah pada masing-masing kolom. Penting membangun balok sloof secara tepat supaya mampu memaksimalkan kemampuan tanah menahan beban bangunan di atasnya.

  1. Pondasi

Bagian penting berikutnya dalam konstruksi bangunan adalah pondasi. Fungsi dari bagian ini jelas sebagai penahan seluruh beban bangunan. Sebagai bagian paling bawah, pondasi akan menempel langsung ke tanah yang keras. Sehingga kalau Anda ingin bangunan rumah berpijak stabil dan kokoh, bagian pondasi jelas membutuhkan material batu yang berkualitas tinggi.

  1. Ring Balok atau Kolom

Dalam proses pembangunan sebuah rumah, tentu tidak lepas dari ring balok atau kolom. Bagian ini mirip dengan tiang yang ada di setiap dinding sebuah bangunan. Memang apa fungsi bagian ring balok? Rupanya ring balok berguna sebagai penopang konstruksi atap sebuah bangunan, sekaligus penghubung dinding antar dinding agar bangunan tak roboh. Semakin tinggi sebuah hunian rumah, maka sudah pasti ring balok akan membutuhkan bahan-bahan berkualitas supaya tak ambruk.

  1. Dinding

Berbeda dengan pondasi dan balok sloof, dinding merupakan konstruksi bangunan bagian atas. Fungsinya sangatlah jelas yakni menutup interior rumah, sekaligus pemisah dari masing-masing ruangan. Pemasangan dinding yang tepat pada sebuah rumah jelas akan membuat tampilannya makin cantik. Biasanya di bagian-bagian dinding ada jendela dan pintu yang wajib dimiliki sebuah rumah untuk keperluan ventilasi penghuninya.

  1. Rangka Atap atau Kuda-Kuda

Bagian konstruksi bangunan rumah yang terakhir adalah rangka atap alias kuda-kuda. Rangka atap berfungsi menopang bagian atap sebuah rumah seperti halnya sebuah pondasi. Kalau dulu rangka-rangka atap dibuat dari kayu, pembangunan modern saat ini lebih memilih menggunakan baja ringan yang tentunya jauh lebih efisien dan efektif. Barulah jika rangka atap sudah terbangun rapi, tinggal memasang atap jenis apapun agar penghuni rumah terlindungi.

Itulah tadi beberapa konstruksi bangunan yang perlu Anda tahu. Jika Anda ingin membangun sebuah bangunan, maka buatlah konstruksi yang kokoh dengan penggunaan material berkualitas. PT Mosa Indo Palma berkomitmen menyediakan batu-batuan terbaik untuk konstruksi bangunan impian Anda. Sebagai perusahaan pertambangan berkualitas, PT Mosa Indo Palma hanya menawarkan batu-batu terbaik untuk kebutuhan pondasi bangunan baik rumah keluarga atau gedung pemukiman.

Bagikan Artikel
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Rekomendasi Artikel

Artikel terkait dengan artikel Catat! Ini Bagian – Bagian Penting dalam Konstruksi Bangunan Rumah